prakata untuk kepentingan

Posted: April 30, 2009 in Uncategorized

Instalasi Ubuntu 8.04
(Hardy heron)

Jika IDGSers telah mendengar tentang Ubuntu di mana-mana, di Internet dan IDGSers telah memutuskan untuk menginstalnya pada komputer IDGSers (hanya untuk melihat apakah IDGSers mendengar tentang apa yang memang benar atau tidak) dan IDGSers tidak tahu cara untuk melakukannya?

Perhatikan lebih lanjut !

Panduan ini akan sangat sederhana untuk IDGSers, sebagai bahan pelajaran IDGSers langkah demi langkah bagaimana cara menginstall versi terbaru dai ubuntu yaitu Ubuntu 8.04 LTS dekstop ediion (Hardy Heron).

Langkah – langkah nya sangat mudah dan tidak akan lebih dari 15 menit (tergantung dari spesifikasi pc IDGSers donk ).Apakah IDGSers siap ?

Mari kita mulai!

Langkah 1 Download Ubuntu 8,04 LTS Desktop edition dalam file ISO.

Langkah 2 – Bakar file ISO ubuntu tadi ke DVD dengan aplikasi pembakar favorit IDGSers, misalnya Nero, isoburner, freeburner, dll. Untuk dvd IDGSers bisa menggunakan kecepatan 8X.

Langkah 3 – Masukkan DVD ubuntu ke dalam optik DVD-ROM dan reboot komputer IDGSers. Pilih booting dari DVD, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini , pilih bahasa yang diinginkan.

Quote:

Kemudian pilih opsi kedua “Install Ubuntu” dan tekan Enter:

Quote
Langkah 4 – Tunggu sampai CD dimuat ke RAM, dan ketika installer muncul, pilih bahasa asli anda dan kliktombol ‘FORWARD
Quote:


Memilih lokasi.

Layar berikutnya akan memperlihatkan fitur peta bumi dengan titik merah, sehingga Anda dapat memilih kota / negara tempat anda berpijak. Setelah Anda menentukan lokasi, sistem akan menyesuaikan waktu dengan sendirinya. Anda juga dapat memilih lokasi Anda saat ini dari daftar drop-down yang terletak di bagian bawah jendela. Klik ‘FORWARD’ setelah Anda memilih lokasi yang Anda inginkan.
Quote:

TES Keyboard

Pada layar ketiga, Anda akan diminta untuk memilih layout keyboard yang cocok untuk anda (standarnya adalah keyboard USA). Anda dapat juga tes keyboard pada field input teks kecil yang terletak di bagian bawah jendela. Klik ‘FORWARD’ ketika anda telah selesai dengan konfigurasi keyboard.
Quote:

Partisi Harddisk

Mempartisi Harddisk relatif mudah, sehingga saya yakin anda bisa menangani hal ini.

Anda memiliki tiga pilihan :
Quote:

  1. Jika Anda ingin tetap menggunakan sistem operasi sebelumnya (misalnya Dual boot dengan Windows XP), pilih pilihan pertama. Ubuntu akan menggunakan ruang kosong pada harddisk.
  2. Jika Anda ingin menghapus sistem operasi anda yang sudah ada dan Anda ingin agar installer secara otomatis mempartisi harddisk untuk Anda, pilih opsi kedua. System akan menggunakan seluruh isi harddisk.
  3. Manual adalah pilihan ketiga di sesi ini dan saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakannya jika anda tidak mempunyai sistem operasi lain sebelumnya dan harddisk tidak berisi data penting di dalamnya.

Ikuti petunjuk di bawah ini:
Pilih salah satu partisi harddisk (atau seluruh harddisk jika anda tidak memiliki partisi) yang ingin diformat dan klik ‘Delete partition’ untuk menghapus partisi yang dipilih. Pada akhirnya, Anda harus mempunyai satu entri yang disebut “ruang kosong”, pilih dan klik ‘New Partition’ untuk menciptakan partisi ‘root’.

Pilih “Primary” untuk tipe partisi, atur ukuran partisi (dalam megabyte), biarkan opsi ‘location for new partition’ dan opsi ‘use as’ seperti pilihan standar dan pilih mount point “/” (seperti gambar di bawah).

Quote:

Anda masih memiliki “freespace” pada harddisk, pilih dan klik ‘new partition’ untuk menciptakan ‘home partititon’ (Local disk D pada windows. Pilih “Logical” untuk tipe partisi, atur ukuran partisi (dalam megabyte), biarkan opsi “locaton for new partition” dan opsi “use as” seperti pilihan standar dan pilih mount point “/ home” (seperti dalam gambar di bawah).
Quote:

Anda masih memiliki beberapa “freespace” i, jadi pilih dan klik ‘new partiton’ untuk menciptakan ’swap’ partiton. Pilih “Logical” untuk tipe partisi, atur ukuran partisi (dalam megabyte) dua kali RAM Anda (misalnya jika Anda memiliki RAM 512, maka atur ukurannya 1024), biarkan opsi “location for new partition” dan atur opsi “use as” ke pilihan “swap”.

Quote:
peringatan: Hati-hati bahwa semua data pada hard drive yang dipilih akan dihapus dan IRRECOVERABLE!

Siapakah Anda?
Di sini Anda harus melakukan persis seperti yang diinginkan oleh judul instruksi yang ada. Anda harus mengisi beberapa field dengan nama asli Anda, nama yang ingin Anda gunakan untuk login pada OS Ubuntu (username), password dan nama komputer (secara otomatis). Setelah Anda selesai dengan langkah ini, klik tombol lagi FORWARD (untuk terakhir kalinya).

Quote:


Apakah Anda benar-benar siap untuk Ubuntu?

If you have successfully arrived at this point, then you are definitely ready for your new Ubuntu operating system. Jika Anda telah berhasil tiba di titik ini, maka Anda pasti siap untuk sistem operasi Ubuntu baru anda.So, what are you waiting for ?

Klik ‘Install’ tombol SEKARANG!

Quote:


Ubuntu 8,04
(Hardy Heron) akan diinstal…Just Wait Dude

Quote:

Langkah 5 Setelah sekitar 8 sampai 10 menit, menu pop-up akan muncul, memberitahu Anda bahwa instalasi sudah selesai dan Anda perlu restart komputer untuk menggunakan Ubuntu yang baru di install.

Quote:


Anda mungkin telah mengklik tombol ‘Restart Now’ , karena Anda telah melihat sistem operasi ubuntu baru anda sudah bekerja semestinya.

Well then, have fun using it !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s